Monday, October 19, 2009

oh my Gosh, the cheesecake!

this post is going to tell you about my experience in baking Taiwanese Cheesecake. haha. honestly, it is too hard for me to elaborate all my feelings and emotions towards this cheesecake in English. so, i'm gonna make this post in Indonesian! hehehe.. x)


hmm, ini yang ketiga kalinya aku bikin Taiwanese Cheesecake, lbh tepatnya hampir yg keempat krn skrg lg nungguin batch kedua, hehe. tapi bs dibilang dr 3 yg udh jadi itu nggak ada satupun yg beres hasilnyaaaa.. pertama kali bikin kue ini, salah kaprah, disuruh nge-tim susu, mentega, cream cheese, tp yg ada malah aku masak/rebus. hahahaha. jadi liat kayak bikin adonan kue sus. hahaha. trus udh gt pas ngocok putih telor, bener-bener sampe stiff peaks kyk mau bikin sponge cake. hahaha. tnyata itu salah yaa? haha. pas yg ptama kali, aku kira itu bantet karena kelamaan manggangnya, iya sih emang lama 1,5 jam di oven krn aku pengen atasnya coklat. tapi ampe 1,5 jam itupun belom coklat, tp krn aku takut nanti malah terjadi sesuatu yg lbh tdk diinginkan, aku angkat aja kuenya dr oven. pas dipotong, omyGod, kayak cheesefudge (padahal lom tentu ada jg tuh cheese fudge, haha). 



akhirnya semakin penasaran, bikin yg kedua. kali ini masih berpikir bahwa aku benar dgn merebus bahan dan mengocok sampai stiff peaks. jadi aku cuman ralat bagian manggangnya. yg api bawah cuma 1 jam, trus pake api atas 15 menit mpe atasnya coklat. dr tampangnya pas masih di loyang sih cantik banget. pas udh dilepas dr loyang, dalemnya masih lembek nggak karuan kayak bubur. ini sih sangat fatal krn nggak bs dimakan pdhal udh abisin 10 telor!


yg terakhir, yg hari ini.. yg ketiga. hahaha. belajar dr pengalaman, kali ini bener-bener ngetim dan ngocoknya mpe berbusa doank, api bawah 45 menit, 15 menit api atas. aku nggak tau itu jadi atau enggak sih. cheesecake-nya kyk kebagi jd 2 bagian gt, si putih dan si kuning yg absolutely pasti karena si telor. jd yg atas sekitar 1/4 bagiannya itu kyk dr busa gt, dimakannya enak pula, mnurutku itu tekstur yang seharusnya. nah 3/4 bagian bawahnya mirip-mirip sama si cheese fudge itu. tapi ini lebih normal dan lebih cake-like. td aku makan anget-anget, kok nggak kayak cheesecake, apa harus didinginin dulu? aduh, letihnyaaa.. bingungnyaa.. tegangnyaa..


dan skrg nunggu yang keempat.. apa jadinya, aku tak tahu juga yaa. haha. bikin cheesecake itu emang intimidating abis deh. udah tegangnya setengah mati antara jadi atau engga, bahannya banyakk (telornya itu lohh.. ditambah lg mesti beli cream cheese nya..), dan yg terakhir yg paling bikin males adalah cuciannya banyak dan amis bangetttt. dr dulu emg aku dibiasain sama mama 'kalo abis bikin kue, harus cuci piring sendiri, kasian mbaknya..'. jd ya mau nggak mau cuci sendiri deh tuh semua amis-amis kuning telor dan lengket-lengketnyaa..


ya ampunn, ini udh stgh jam berlalu sejak batch kedua masuk oven.. apa ya jadinyaaa?





No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails